Profil Dinas

LATAR BELAKANG

Keberadaan Perpustakaan sejak didirikan Tahun 2007 telah menjadi bagian yang terpenting dari Pengembangan SDM, bukan saja tanggung jawab lembaga pendidikan, namun perpustakaan telah menjadi tanggung jawab yang luas baik pemerintah daerah maupun pusat. Mengingat pentingnya  pengembangan SDM yang berkompetensi PEmerintah Daerah Kab. Asahan melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi mengembangkan Sistem Perpustakaan yang modern, nyaman dan mudah dikunjungi.

1.  Peraturan Daerah Kabupaten Asahan nomor 6 tahun 2007 tanggal 8 maret 2007 tentang Pembentukan Kantor   Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Asahan.

2.  Peraturan Daerah Kabupaten Asahan nomor 7 tahun 2008 tanggal 9 april 2008 tentang Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Asahan dirubah namanya menjadi Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Asahan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan adalah merupakan Kantor Pelayan Publik (Public Service). Pelayanan Publik adalah salah satu perwujudan dari fungsi aparatur Negara sebagai abdi masyarakat disamping sebagai abdi Negara. Pelayanan publik oleh birokrasi public dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan demikian pelayanan public diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) kepada orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan, khususnya pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan sesuai dengan aturan pokok dan tata cara telah ditetapkan.

Telah banyak cara yang dilakukan guna meningkatkan pelayanan public, namun penyelenggaraan pelayanan public tetap menjadi keluhan masyarakat karena tidak sesuai keinginan masyarakat. Seluruh pendekatan yang dilakukan untuk meningkatkan / memperbaiki pelayanan hanya selalu dari pihak pemberi layanan tetapi tidak dari pemakai layanan sehingga tingkat kepuasan pemakai layanan tidak terpenuhi.